13 Bandara Pesawat Paling Ekstrim Dan Berbahaya
Tidak semua pilot pesawat terbang diizinkan untuk melakukan lepas landas (take off) ataupun mendarat (landing) di 13 bandara pesawat paling ekstrim dan berbahaya ini. Sebab begitu curamnya keadaan landasan yang jauh dikatakan layak sebagai standarisasi sebuah landasan pacu pesawat terbang. Begitupun halnya sang pilot, meski sudah dikatakan sebagai pilot senior berpengalaman dan mempunyai jam terbang tinggi, tapi bila tidak mengantongi izin khusus lulus praktek penerbangan ditempat tersebut juga tidak akan diperbolehkan.
Tak sanggup dibayangkan seandainya kita menjadi penumpang dalam pesawat ini dengan keadaan landasan yang tentunya penuh dengan resiko berbahaya. Namun apa daya kalau memang diharuskan tiba ke tempat ini lantaran alasan kiprah ataupun kepentingan mendesak, tetap harus kita lakukan. Dan tampaknya tak ada alasan lagi selain mempercayakan saja nasib kita kepada pilot-pilot hebat berkeahlian luar biasa ini. Sahabat kejadiananeh.com berikut 13 bandara pesawat paling ekstrim, berbahaya dan mengerikan di dunia.
Ada sensasi unik,seru dan menegangkan ketika kita bersantai di Pantai Maho yang berada di Pulau Karibia, Saint Martin Belanda ini. Karena letaknya bersebelahan persis dengan Bandara Pesawat International Princess Juliana. Ketika kita sedang asik bermain pasir ataupun sedang tiduran jangan terkejut bila ada pesawat melintas diatas kepala hanya berjarak sekitar 10 hingga 30 meter dari permukaan pantai.
Namun jangan khawatir para wisatawan akan tertabrak oleh pesawat yang akan turun mendarat lantaran keahlian sang pilot sangat andal dan berpengalaman memastikan terjaganya ketinggian yang sesuai. Sebab selain itu sang Pilot juga harus lihai meliuk tajam untuk menghindari gunung yang sempurna keberadaannya di ujung landasan. Luas landasan Bandara Princess Juliana ini pun terbilang sangat kecil hanya mempunyai luas 2.180 meter. Tersusun atas 4 lantai dengan akomodasi 42 meja check-in, dan 11 gerbang boarding.
Bar yang berada di Pantai ini yakni Sunset Bar dan Grill Bar. Kedua Bar ini mempunyai daftar kegiatan lengkap seluruh maskapai penerbangan dan speaker siaran radio transmisi antara Pilot Pesawat dengan Petugas Menara Kontrol Bandara.
Karena dengan speaker ini, pengunjung sanggup mengetahui Pesawat terbang dari Maskapai Penerbangan mana yang akan segera berangkat ataupun tiba mendarat. Namun ada satu tempat lokasi yang dinyatakan sangat berbahaya dan dihentikan didekati oleh para pengunjung Pantai Maho, yakni jalur landasan terbang 10 tempat lintasan pesawat jet take off/ lepas landas.
Karena bahayanya ledakan buangan gas mesin jet Pesawat Terbang yang sanggup menjadikan Cedera Serius dan Kematian. Oleh lantaran alasan tersebut, Pihak bandara pun menambahkan pagar pengaman komplemen di area Landasan Terbang 10 demi keselamatan seluruh pengunjung pantai maho. Luar biasa bukan?
Namun jangan khawatir para wisatawan akan tertabrak oleh pesawat yang akan turun mendarat lantaran keahlian sang pilot sangat andal dan berpengalaman memastikan terjaganya ketinggian yang sesuai. Sebab selain itu sang Pilot juga harus lihai meliuk tajam untuk menghindari gunung yang sempurna keberadaannya di ujung landasan. Luas landasan Bandara Princess Juliana ini pun terbilang sangat kecil hanya mempunyai luas 2.180 meter. Tersusun atas 4 lantai dengan akomodasi 42 meja check-in, dan 11 gerbang boarding.
Bar yang berada di Pantai ini yakni Sunset Bar dan Grill Bar. Kedua Bar ini mempunyai daftar kegiatan lengkap seluruh maskapai penerbangan dan speaker siaran radio transmisi antara Pilot Pesawat dengan Petugas Menara Kontrol Bandara.
Karena dengan speaker ini, pengunjung sanggup mengetahui Pesawat terbang dari Maskapai Penerbangan mana yang akan segera berangkat ataupun tiba mendarat. Namun ada satu tempat lokasi yang dinyatakan sangat berbahaya dan dihentikan didekati oleh para pengunjung Pantai Maho, yakni jalur landasan terbang 10 tempat lintasan pesawat jet take off/ lepas landas.
Karena bahayanya ledakan buangan gas mesin jet Pesawat Terbang yang sanggup menjadikan Cedera Serius dan Kematian. Oleh lantaran alasan tersebut, Pihak bandara pun menambahkan pagar pengaman komplemen di area Landasan Terbang 10 demi keselamatan seluruh pengunjung pantai maho. Luar biasa bukan?
Madara Airport yang terletak di Portugal ini yakni salah satu bandara pesawat paling berbahaya di dunia. Bagaimana tidak, tercatat sudah beberapa kali kecelakaan terjadi di tempat ini. Pada tahun 1980 Pesawat Boeing 727 dengan jumlah awak beserta penumpang pesawat 131 tewas tanggapan terjatuh di tepi ujung landasan. Belajar dari kejadian kecelakaan tersebut bandara yang berada persis di tebing curam ini pun menambahkan 150 tiang beton sanggah sebagai penopang.
Namun semua itu belum tentu menjamin keamanannya lantaran faktor cuaca jelek yang sering melanda tempat ini pun harus diperhitungkan ditambah lagi posisinya yang berdekatan dengan pegunungan dan bahari mengakibatkan duduk kasus lain, yaitu turbulensi ekstrem. Madera Airport dibangun pada tahun 1964 dulunya berjulukan bandar udara funchal dan hanya mempunyai 2 lintasan pacuan sepanjang kurang dari 1.600 meter. Diketahui, hanya pilot-pilot senior bernyali besar yang berani melaksanakan pendaratan ditempat ini.
Namun semua itu belum tentu menjamin keamanannya lantaran faktor cuaca jelek yang sering melanda tempat ini pun harus diperhitungkan ditambah lagi posisinya yang berdekatan dengan pegunungan dan bahari mengakibatkan duduk kasus lain, yaitu turbulensi ekstrem. Madera Airport dibangun pada tahun 1964 dulunya berjulukan bandar udara funchal dan hanya mempunyai 2 lintasan pacuan sepanjang kurang dari 1.600 meter. Diketahui, hanya pilot-pilot senior bernyali besar yang berani melaksanakan pendaratan ditempat ini.
Sudah sanggup dipastikan kalau Bandara Sea Ice Runway yang terletak di Antartika ini sangat rentan dengan kejadian kecelakaan. Sebab notabenenya memang tempat ini populer dengan es sebagai pijakan landasan pacu yang diukir di es bahari dari Ross Island setiap tahunnya. Landasan bandara terbentang sepanjang 2,5 mil dan beroperasi sebagian besar pada animo panas di Antartika.
Pilot-pilot harus menghindari pendaratan terlalu garang demi menghindari karam tanggapan retakan es yang sewaktu-waktu sanggup terjadi tanggapan tekanannya. Sea Ice Runway Airport bahkan pernah mengalami kejadian landasan meleleh, sehingga semua kegiatan penerbangan terpaksa harus dibatalkan demi keselamatan seluruh penumpang. Bukan hanya itu saja, tantangan akan retakan es, licinnya landasan pacu yang tidak beraspal dan terbuat murni dari air es benar-benar menguji keahlian para pilot pesawat terbang.
Pilot-pilot harus menghindari pendaratan terlalu garang demi menghindari karam tanggapan retakan es yang sewaktu-waktu sanggup terjadi tanggapan tekanannya. Sea Ice Runway Airport bahkan pernah mengalami kejadian landasan meleleh, sehingga semua kegiatan penerbangan terpaksa harus dibatalkan demi keselamatan seluruh penumpang. Bukan hanya itu saja, tantangan akan retakan es, licinnya landasan pacu yang tidak beraspal dan terbuat murni dari air es benar-benar menguji keahlian para pilot pesawat terbang.
Seperti halnya bandara Princess Juliana Airport yang berada sempurna dibibir pantai Maho. Barra Airport yang terletak di Skotlandia ini juga berada di lokasi pantai wisata umum. Jangan pernah berharap anda akan menikmati waktu romantis bersama kekasih anda di pantai ini, lantaran ada peringatan perihal kemungkinan mendarat pesawat yang harus dihindari.
Landasan pacunya sangat pendek, bahkan di tiga landasan pacu yang dimiliki Barra aiport ini hanya ditandai dengan tiang-tiang kayu. Saat malam hari, bandara ini ditutup oleh air bahari yang pasang, oleh lantaran itu, bandara ini menjadi amat langsung lantaran hanya sanggup dipakai bagi penerbangan yang berkala dan tidak untuk malam hari oleh lantaran air pasang.
Landasan pacunya sangat pendek, bahkan di tiga landasan pacu yang dimiliki Barra aiport ini hanya ditandai dengan tiang-tiang kayu. Saat malam hari, bandara ini ditutup oleh air bahari yang pasang, oleh lantaran itu, bandara ini menjadi amat langsung lantaran hanya sanggup dipakai bagi penerbangan yang berkala dan tidak untuk malam hari oleh lantaran air pasang.
Anda niscaya sudah pernah menyaksikan tayangan film Tomorrow Never Dies? Salah satu bintang film kenamaan, Pierce Brosnan yang menjadi tokoh utama James Bond 007 pernah melaksanakan pendaratan di bandara ini dalam salah satu adegan actionnya. Namun faktanya sangat penting diketahui, bahwa hanya pilot khusus bersertifikat saja yang diizinkan mendarat atau lepas landas di bandara ini.
Hal ini masuk akal saja, lantaran posisinya yang terletak di wilayah Saint Bon Tarentaise, pegunungan Alpen, Perancis, terbilang sangat berbahaya. Apalagi dengan bentuk landasan yang sangat pendek dan curam dengan kemiringan curam kurang lebih 18,5 derajat.
Hal ini masuk akal saja, lantaran posisinya yang terletak di wilayah Saint Bon Tarentaise, pegunungan Alpen, Perancis, terbilang sangat berbahaya. Apalagi dengan bentuk landasan yang sangat pendek dan curam dengan kemiringan curam kurang lebih 18,5 derajat.
Bandara pesawat terbang Gustav III dikenal juga dengan nama Saint Barthelemy Airport dan St Jean Airport. Letaknya berada di desa St Jean di salah satu pulau Karibia berjulukan Saint Barthelemy. Bandaranya sanggup dikatakan sangat kecil dengan landasan pacu yang sempit, pendek dan berpapasan dengan lereng jalanan utama kota serta berhadapan langsung dengan laut.
Saat pertama kali mengunjunginya! anda niscaya merasa kaget dan berkata sangat luar biasa ekstrim. Sebab pesawat harus menukik tajam ketika melaksanakan pendaratan lantaran harus melewati bukit yang berada sempurna di ujung landasan pacunya dan berada sempurna melintasi keramaian kota.
Saat pertama kali mengunjunginya! anda niscaya merasa kaget dan berkata sangat luar biasa ekstrim. Sebab pesawat harus menukik tajam ketika melaksanakan pendaratan lantaran harus melewati bukit yang berada sempurna di ujung landasan pacunya dan berada sempurna melintasi keramaian kota.
Bandara yang satu ini tidak kalah ekstrim dan berbahaya, letaknya yang menghadap persis ke jurang di pegunungan tinggi dengan tinggi 2.000 kaki ini memang bukan sembarang bandara. Dibutuhkan keahlian luar biasa dari pilot untuk pendaratan maupun lepas landas dari bandara ini. Kondisi angin berperan penting dalam memilih proses penerbangan maupun pendaratan.
Pesawat yang ingin parkir di sini juga tidak diizinkan untuk terbang sebelum mencapai simpulan landasan pacu di ketinggian 1.312 kaki. Ketegangan akan semakin dirasakan ketika pesawat lepas dari landasan pacu lantaran pesawat dihadapkan pada dua kemungkinan, yakni berhasil terbang ke udara atau jatuh dulu ke dalam jurang gres kemudian terbang perlahan ke udara. Mampukah anda membayangkan kengeriannya?
Pesawat yang ingin parkir di sini juga tidak diizinkan untuk terbang sebelum mencapai simpulan landasan pacu di ketinggian 1.312 kaki. Ketegangan akan semakin dirasakan ketika pesawat lepas dari landasan pacu lantaran pesawat dihadapkan pada dua kemungkinan, yakni berhasil terbang ke udara atau jatuh dulu ke dalam jurang gres kemudian terbang perlahan ke udara. Mampukah anda membayangkan kengeriannya?
Pulau karibia memang populer sangat indah, namun di samping keindahannya, terdapat pula bandara yang termasuk sebagai salah satu landasan pesawat mengerikan di dunia. Adalah bandara Saba yang terletak di Kepulauan Saba, Karibia dan sebagai satu-satunya landasan. Memiliki landasan pacu sepanjang 1.300 meter saja. Tak heran kalau bandara ini dijuluki sebagai bandara dengan landasan pacu terpendek di dunia.
Letaknya dikelilingi oleh jurang-jurang dengan angin bahari yang sangat kencang, nyaris tak membiarkan pilot berbuat salah sedikitpun atau risiko kecelakaan akan dihadapi oleh pesawat yang ia kemudikannya. Yang lebih mengertikan ketika waktu melaksanakan pendaratan, pesawat terbang diharuskan terbang ke arah tebing sebelum menciptakan belokan tajam ke kiri dan kesudahannya sanggup melaksanakan pendaratan dengan mulus.
9. Tenzing-Hillary, Lukla di Nepal
Sebenarnya Bandara Tenzing yang berada di Lukla, Nepal ini dibangun khusus untuk para pendaki Gunung Everest. Dan peraturan di sana penerbangan hanya sanggup dilakukan ketika siang hari itupun bila kondisi cuaca sedang cerah. Namun kala angin berembus kencang dan langit cenderung berawan, bandara akan ditutup untuk segala penerbangan.
Memiliki panjang landasan 460 meter dan lebar 20 meter, tidak ada alasan bagi pilot untuk melaksanakan kesalahan ketika lepas landas atau mendarat. Sebab landasan mengalami kemiringan di ujungnya dan langsung ke arah lembah, semenjak 1973 hingga 2010 telah terjadi sembilan kecelakaan pesawat di bandara tersebut.
10. Bandara Paro, Bhutan
Dikelilingi oleh puncak pegunungun Himalaya yang menjulang tinggi, Paro yakni salah satu bandara dunia yang paling menantang bagi pilot. Faktanya, ketika ini hanya delapan pilot di dunia yang disertifikasi untuk sanggup mendarat di bandara ini. Terletak di lembah yang dalam, mendarat di bandara ini mengharuskan para pilot ‘bernegosiasi’ dengan serangkaian gunung, turun dengan cepat, kemudian berbelok curam ke kiri segera sebelum mendarat.
11. Bandara Ekstrim Kai Tak, Hong Kong
Bandara ekstrim Kai Tak, Hong Kong berlokasi sempurna di wilayah utara Teluk Kowloon, Hong Kong. Dikelilingi pegunungan, pendaratan di Bandara Kai Tak semakin sulit lantaran harus melewati tempat permukiman, sehingga pilot harus melaksanakan manuver sulit sebelum pesawat menyentuh daratan. Karena kerap terjadi kecelakaan fatal, Bandara Kai Tak kesudahannya ditutup pada 1998.
Letaknya dikelilingi oleh jurang-jurang dengan angin bahari yang sangat kencang, nyaris tak membiarkan pilot berbuat salah sedikitpun atau risiko kecelakaan akan dihadapi oleh pesawat yang ia kemudikannya. Yang lebih mengertikan ketika waktu melaksanakan pendaratan, pesawat terbang diharuskan terbang ke arah tebing sebelum menciptakan belokan tajam ke kiri dan kesudahannya sanggup melaksanakan pendaratan dengan mulus.
9. Tenzing-Hillary, Lukla di Nepal
Sebenarnya Bandara Tenzing yang berada di Lukla, Nepal ini dibangun khusus untuk para pendaki Gunung Everest. Dan peraturan di sana penerbangan hanya sanggup dilakukan ketika siang hari itupun bila kondisi cuaca sedang cerah. Namun kala angin berembus kencang dan langit cenderung berawan, bandara akan ditutup untuk segala penerbangan.
Memiliki panjang landasan 460 meter dan lebar 20 meter, tidak ada alasan bagi pilot untuk melaksanakan kesalahan ketika lepas landas atau mendarat. Sebab landasan mengalami kemiringan di ujungnya dan langsung ke arah lembah, semenjak 1973 hingga 2010 telah terjadi sembilan kecelakaan pesawat di bandara tersebut.
10. Bandara Paro, Bhutan
Dikelilingi oleh puncak pegunungun Himalaya yang menjulang tinggi, Paro yakni salah satu bandara dunia yang paling menantang bagi pilot. Faktanya, ketika ini hanya delapan pilot di dunia yang disertifikasi untuk sanggup mendarat di bandara ini. Terletak di lembah yang dalam, mendarat di bandara ini mengharuskan para pilot ‘bernegosiasi’ dengan serangkaian gunung, turun dengan cepat, kemudian berbelok curam ke kiri segera sebelum mendarat.
11. Bandara Ekstrim Kai Tak, Hong Kong
Bandara ekstrim Kai Tak, Hong Kong berlokasi sempurna di wilayah utara Teluk Kowloon, Hong Kong. Dikelilingi pegunungan, pendaratan di Bandara Kai Tak semakin sulit lantaran harus melewati tempat permukiman, sehingga pilot harus melaksanakan manuver sulit sebelum pesawat menyentuh daratan. Karena kerap terjadi kecelakaan fatal, Bandara Kai Tak kesudahannya ditutup pada 1998.
Toncotin Airport terletak di wilayah Tegucigalpa, yang juga sebagai ibu kota Honduras. Landasan pesawat terbangnya terletak persis di antara lembah-lembah pegunungan, dengan hanya mempunyai satu landasan pacu saja ditambah kondisi yang bergelombang untuk mendarat dan lepas landas. Namun pesawat-pesawat berukuran besar macam Boeing 757 tetap sering mendarat di bandara ini.
Tahukah anda? Suasana bandara Toncotin Airport sangatlah kotor dan berserakan sekali, kondisi dingklik tunggu penumpangnya pun sedikit dan sempit sehingga dipastikan akan merasa sangat tidak nyaman. Ditambah lagi, lantainya juga kotor dan menciptakan pengunjung dan siapa saja merasa tidak nyaman ketika melihatnya. Apakah anda mempunyai rencana liburan simpulan tahun 2015 bersama keluarga anda pergi ke Honduras?
Jika iya, anda harus siap melalui bandara ini sebelum berkeliling wisata di Honduras dan banyak-banyaklah berdoa lantaran di bandara ini sering sekali terjadi kejadian kecelakaan pesawat nyasar ke pemukiman warga yang tinggal di pinggiran lembah pegunungan.
Tahukah anda? Suasana bandara Toncotin Airport sangatlah kotor dan berserakan sekali, kondisi dingklik tunggu penumpangnya pun sedikit dan sempit sehingga dipastikan akan merasa sangat tidak nyaman. Ditambah lagi, lantainya juga kotor dan menciptakan pengunjung dan siapa saja merasa tidak nyaman ketika melihatnya. Apakah anda mempunyai rencana liburan simpulan tahun 2015 bersama keluarga anda pergi ke Honduras?
Jika iya, anda harus siap melalui bandara ini sebelum berkeliling wisata di Honduras dan banyak-banyaklah berdoa lantaran di bandara ini sering sekali terjadi kejadian kecelakaan pesawat nyasar ke pemukiman warga yang tinggal di pinggiran lembah pegunungan.
13. Gibraltar International Airport-Gibraltar
Sangat masuk akal bila kita sedang mengendarai kendaraan pribadi dan harus terhenti di lampu merah ketika mobil, motor ataupun kereta sedang melintas. Tapi pernahkah anda membayangkan ketika anda harus berhenti di lampu merah dan menyaksikan sebuah pesawat tengah melintas sempurna di hadapan muka anda?
Pasti anda merasa terguncang berat dan shock bila pertama kali melewati Bandara yang terletak di Gibraltar yang memang pantas dikatakan sebagai bandara paling ekstrim, aneh, unik dan berbahaya. Sebab landasan pacunya berpapasan sempurna dengan jalanan utama kota tersebut sehingga tiap pesawat akan terbang atau mendarat, kendaraan-kendaraan terpaksa harus berhenti.
Namun untungnya, meskipun sangat ramai dan penuh resiko berbahaya, di tempat ini para pengemudi kendaraan bermotor dikenal sangat tertib dan patuh terhadap petunjuk marka jalan sehingga belum pernah sekalipun terjadi kejadian kecelakaan pesawat. Sahabat kejadiananeh.com sangat menegangkan bukan kalau suatu ketika nanti kita menerima 'kesempatan' berkunjung ke 13 bandara pesawat terbang paling ekstrim dan berbahaya di dunia ini. Tentunya bukan menempuh melalui perjalanan darat tapi benar-benar sebagai penumpang pesawat terbang tersebut. Dan jangan khawatir lantaran sang Pilot sudah dipastikan andal dan sangat berpengalaman meskipun kadang kalaapes.
Pasti anda merasa terguncang berat dan shock bila pertama kali melewati Bandara yang terletak di Gibraltar yang memang pantas dikatakan sebagai bandara paling ekstrim, aneh, unik dan berbahaya. Sebab landasan pacunya berpapasan sempurna dengan jalanan utama kota tersebut sehingga tiap pesawat akan terbang atau mendarat, kendaraan-kendaraan terpaksa harus berhenti.
Namun untungnya, meskipun sangat ramai dan penuh resiko berbahaya, di tempat ini para pengemudi kendaraan bermotor dikenal sangat tertib dan patuh terhadap petunjuk marka jalan sehingga belum pernah sekalipun terjadi kejadian kecelakaan pesawat. Sahabat kejadiananeh.com sangat menegangkan bukan kalau suatu ketika nanti kita menerima 'kesempatan' berkunjung ke 13 bandara pesawat terbang paling ekstrim dan berbahaya di dunia ini. Tentunya bukan menempuh melalui perjalanan darat tapi benar-benar sebagai penumpang pesawat terbang tersebut. Dan jangan khawatir lantaran sang Pilot sudah dipastikan andal dan sangat berpengalaman meskipun kadang kala